π Sabtu, 26 April 2025
π Aula Lantai 2, Kantor Terpadu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak menyelenggarakan kegiatan MUSREMBANG: Forum Perangkat Daerah dan Konsultasi Publik, sebagai bagian dari proses penyusunan dokumen Rencana Strategis (Renstra) Tahun 2025β2029 dan Rencana Kerja (Renja) Tahun 2026, yang berlangsung pada hari Sabtu, 26 April 2025 di Aula Lantai 2 Kantor Terpadu, Jl. Letjen Sutoyo, Pontianak.
Kegiatan ini menjadi forum penting dalam upaya mendorong penyusunan program kerja yang partisipatif, akuntabel, dan berorientasi pada peningkatan kualitas pelayanan publik di bidang pendidikan dan kebudayaan.
Menyusun arah kebijakan dan strategi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk periode lima tahun ke depan.
Merumuskan prioritas program/kegiatan untuk Tahun Anggaran 2026.
Menggali aspirasi dari pemangku kepentingan pendidikan dan masyarakat.
Memperkuat inovasi dan transformasi pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien.
Acara ini dihadiri oleh berbagai unsur pemangku kepentingan, antara lain:
- Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait
- Kepala Sekolah dari jenjang PAUD, SD, SMP, dan PKBM Negeri maupun Swasta
- Dewan Pendidikan, tokoh masyarakat, akademisi, dan pengamat pendidikan
- Perwakilan komite sekolah dan orang tua siswa
- Tim teknis penyusun perencanaan dan narasumber kebijakan
Forum ini menampilkan:
- Paparan arah kebijakan pembangunan pendidikan dan kebudayaan Kota Pontianak
- Pemaparan evaluasi capaian kinerja sebelumnya
- Diskusi kelompok terarah (FGD) untuk menjaring aspirasi masyarakat
- Sesi konsultasi publik dan pengumpulan masukan
Semua masukan dan saran yang disampaikan dalam forum ini akan menjadi bahan pertimbangan dalam finalisasi Renstra dan Renja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak.
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Hal ini mencakup:
β
Percepatan layanan administrasi pendidikan
β
Digitalisasi layanan publik
β
Peningkatan akses dan mutu pendidikan di semua jenjang
β
Penguatan tata kelola pendidikan berbasis data dan partisipasi publik