Data Mining dalam Pengelolaan Hubungan Pelanggan
Data mining merupakan alat untuk mengeksploitasi asosiasi dan pola potensial yang dilakukan dengan mengekstrak pengetahuan, model, dan aturan yang berpotensi dari massa data. Proses data mining dilakukan dengan bantuan statistik dan teknologi kecerdasan buatan.
Dasar Teori CRM
Costumer Relationship Management (CRM) atau Pengelolaan Hubungan Pelanggan merupakan strategi yang berpusat pada pelanggan. Strategi ini dilakukan dengan mengumpulkan, menganalisis, dan mengeksploitasi informasi pelanggan. Kemudian, bisnis akan dilakukan dengan menyesuaikan perilaku pelanggan berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan dan diproses tersebut.
Implementasi Data Mining dalam CRM
Seperti yang kita ketahui, CRM ini berfokus pada akuisisi pelanggan, retensi pelanggan, serta meningkatkan nilai pelanggan. Dengan menggunakan Teknik data mining, kita dapat melakukan pengelompokkan pelanggan berdasarkan data yang telah dikelompokkan sebelumnya. Pengelompokkan ini dilakukan berdasarkan gaya hidup pelanggan, latar belakang ekonomi maupun sosial dari pelanggan, kebutuhan pelanggan, serta karakteristik lainnya. Oleh karena itu, kita dapat mengetahui bagaimana kita mendapatkan pelanggan baru, bagaimana kita mempertahankan pelanggan, bagaimana cara melakukan promosi dan layanan dengan tepat. (FAM)